Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Jumat, 07 September 2018

DWP Kemenag Singkawang Lakukan Penyuluhan Kesehatan bagi Anggotanya

0 comments
SINGKAWANG. Kesehatan sangat mahal nilainya. Kesehatan merupakan nikmat yang sangat berharga bagi kehidupan kita sehingga kita dapat beraktifitas dengan baik. Kesehatan diri sangat dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup yang dijalani. Terkadang sebagai manusia kita lupa dan tidak sadar dengan pola hidup yang kita jalani sehingga tidak jarang kita baru tersadar ketika kesehatan kita terganggu atau telah menderita sakit, kata Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Ny. Hj. Warni Wati Nahruji saat membuka pertemuan rutin bulanan DWP pada Jum’at (07/09) yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Warni Wati melanjutkan bahwa mengingat pentingnya kesehatan ini, maka pertemuan rutin bulanan DWP kali ini akan dirangkai dengan kegiatan penyuluhan kesehatan dari Lembaga Peduli Kesehatan Masyarakat (LPKM) Provinsi Kalimantan Barat. Terlebih pada saat ini khususnya di Kota Singkawang sedang terkena wabah penyakit Hepatitis A. untuk itu, Warni Wati mengajak seluruh anggotanya untuk menyimak dengan baik apa yang akan disampaikan oleh narasumber sehingga dapat mengantisipasi atau mencegah penuaran penyakit tersebut.

Sementara itu, Narasumber dari LPKM Kalbar, Wita menyampaikan bahwa wabah penyakit Hepatitis A ini telah mencapai tingkat luar biasa yang mana penyebarannya sangat cepat, terutama pada anak-anak. Meski demikian, tidak sedikit juga yang menyerang orang-orang dewasa. Oleh karena itu, ia menilai sangat penting untuk mensosialisasikan kepada masyarakat cara pencegahan penyakit ini.

Pada kesempatan itu, Wita menjelaskan bahwa penyakit hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hapatitis yang dapat menular melalui sumber makanan/minuman maupun air liur penderita. Gejala yang ditimbulkan adalah demam, mual, muntah, mata berwarna kuning serta sakit perut/diare. Selain itu, daerah perut bagian atas akan terasa sakit apabila ditekan. Karena penyebarannya melalui konsumsi sesuatu yang terkontaminasi, maka pencegahan penularan penyakit ini dapat dilakukan dengan tidak berbagi makanan/minuman, berbagi alat makan, serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Kegiatan yang dirangkai dengan pertemuan rutin bulanan DWP Kantor Kemenag Kota Singkawang ini dilanjutkan diakhiri dengan penarikan arisan dan doorprize untuk anggota DWP Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang beruntung. (Jk/Skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts