Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Kamis, 06 September 2018

SOSIALISASI PENCEGAHAN PENYAKIT HEPATITIS DI MAN 1 SINGKAWANG

0 comments
Sehubungan dengan munculnya wabah penyakit hepatitis A di kota Singkawang akhir-akhir ini menyebabkan masyarakat kota Singkawang menjadi resah. Pasalnya, penyakit hepatitis A telah menyerang sejumlah besar pelajar sekolah menengah di kota Singkawang. Besarnya jumlah penderita hepatitis A dari kalangan pelajar menyebabkan kekhawatiran seluruh sekolah yang ada di kota Singkawang akan kesehatan siswa-siswinya.

Untuk mengantisipasi tertularnya penyakit hepatitis A di MAN 1 Singkawang, maka MAN 1 Singkawang dengan sigap langsung mendatangkan nara sumber dari puskesmas Singkawang Tengah 2 untuk mensosialisasikan bagaimana cara mencegah penularan penyakit hepatitis A tersebut.

Sosialisasi pencegahan menularnya penyakit hepatitis A di MAN 1 Singkawang langsung oleh dokter Rahmiana dan kepala Puskesmas Singkawang Tengah 2, Uray Ningrum Sari.
Hadir dalam sosialisasi ini yakni seluruh siswa-siswi MAN 1 Singkawang, dewan guru, pegawai TU dan pemilik kantin Madrasah.

Dari sosialisasi tersebut didapatkan informasi bahwa
  1. Penyakit hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengan waktu inkubasi 28-54 hari.
  2. Penularan dapat terjadi melalui sumber makanan/minuman yang tercemar oleh tinja penderita, maupun air liur penderita.
  3. Gejala yang ditimbulkan adalah mual, muntah, mata berwarna kuning serta sakit pada perut bagian kanan atas.
  4. Pencegahan penularan dapat dilakukan dengan tidak berbagi makanan/minuman, berbagi alat makan, tidak buang air besar sembarangan dan mencuci tangan sebelum maupun sesuah makan dan sesudah buang air besar dengan sabun.

"Setidaknya kita telah berusaha untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada seluruh siswa-siswi kita tentang apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari penularan penyakit hepatitis A." kata Drs. Suharto, Kepala MAN 1 Singkawang. Selanjutnya Suharto juga mengatakan bahwa pihak madrasah telah menghimbau kepada seluruh siswa-siswinya untuk membawa peralatan makan masing-masing bahkan membawa bekal makanan sendiri dari rumah untuk menjaga agar alat makan yang digunakan tidak bergantian dan terjamin higienis nya.

Semoga kita semua terhindar dari penyakit hepatitis A maupun penyakit lainnya. (RH/MAN 1 SKW)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts