Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Jumat, 20 Juli 2018

Halal bi Halal DWP Kemenag Kota Singkawang

0 comments
SINGKAWANG. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melangsungkan kegiatan Halal bi Halal pada Jumat (20/7) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Acara yang dihadiri oleh Ketua DWP Ny. Hj. Warni Wati Nahruji serta para ibu-ibu istri pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dengan Ust. H. Jahri, S.Ag salah satu Pegawai Kantor Kemenag Kota Singkawang yang bertindak sebagai penyampai tausiyah.

Dalam sambutannya, Warni Wati menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa melaksanakan kegiatan Halal bi Halal dikarenakan beberapa hal yang tidak dapat dielakkan. Ia mengatakan, walaupun bulan Syawal telah berlalu, ia berharap semangat halal bi halal tetap ada dalam diri setiap anggota DWP Kantor Kemenag Kota Singkawang. Untuk itu ia mengajak seluruh anggota untuk terus mempererat silaturahmi antar sesama anggota agar tujuan yang direncanakan dan diharapkan dapat tercapai.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh Ust. H. Jahri, S.Ag. Dalam tausiyahnya Ust. Jahri menyampaikan bahwa bahasa Halal bi Halal bukan dari bahasa Arab, namun dimunculkan oleh Presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno untuk tujuan mengumpulkan para pejabat negara untuk bersilaturahim. “Jadi, Halal bi Halal ini intinya adalah untuk silaturrahim.” tuturnya. Oleh karena itu, melalui kegiatan Halal bi Halal ini ia mengajak semua hadirin untuk saling mempererat tali silaturahmi dengan saling maaf memaafkan sehingga tujuan utama dari Idul Fitri dapat tercapai yaitu kembali fitrah.

Ust. Jahri melanjutkan dengan arti Fitrah yang sesungguhnya bagi seorang hamba ialah beriman kepada Allah SWT, patuh dan tunduk dengan aturan-aturan Allah SWT dan saling berkasih sayang antar sesama. Ia juga menjelaskan kunci meraih fitrah ialah dengan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT atau hablu minallah dan memperbaiki hubungan antar sesama atau hablu minannas. Dengan kembali fitrahnya manusia, maka tujuan utama hidup ini akan tercapai yaitu meraih kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat.(Jk/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts