Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Kamis, 23 Agustus 2018

MAN 1 SINGKAWANG GELAR SAFARI QURBAN IDUL ADHA 1439 H

0 comments
Dalam rangka mengajak seluruh siswa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt, maka pada tanggal 21-22 Agustus 2018 (9-10 Dzulhijjah 1439 H.) MAN 1 Singkawang menggelar kegiatan Safari Qurban di desa Singaraya, dusun Surabaya, Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini mengusung tema “Nabi Ibrohim Teladan Umat Sepanjang Hayat”.
Koordinator lapangan pelaksanaan kegiatan Safari Qurban, Edi Husairi, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan teladan Nabi Ibrohim as. dan putranya Ismail as., dan mewujudkan rasa syukur atas nikmat-nikmat Allah swt, serta menumbuhkembangkan rasa cinta kasih dan persaudaraan terhadap sesama muslim pada seluruh siswa-siwi MAN 1 Singkawang. “Melalui kegiatan ini, siswa dibelajarkan untuk dapat berbagi dengan sesama muslim melalui infaq yang diserahkan kepada sekolah. Sekolah selanjutnya menyalurkannya dalam wujud penyembelihan hewan qurban untuk dibagikan kepada fakir miskin”, tambahnya.
Kegiatan Safari Qurban bukan hanya kali ini digelar oleh MAN 1 Singkawang, namun telah digelar secara rutin setiap hari raya Idul Adha sejak tahun 2010. Kegiatan yang telah berlangsung selama delapan tahun ini dilaksanakan secara bergantian pada tempat-tempat dengan kriteria tertentu. Kriteria tempat yang menjadi sasaran kegiatan Safari Qurban MAN 1 Singkawang yakni desa/dusun yang mayoritas penduduknya adalah muslim dengan rasio antara penyembelihan hewan qurban dengan jumlah penduduk yang sangat kecil, namun keberadaannya dusun dapat dijangkau oleh rombongan Safari Qurban MAN 1 Singkawang.
Rangkaian kegiatan Safari Qurban yang dilaksanakan pada tahun ini di dusun Surabaya terdiri dari buka puasa bersama, sholat wajib berjamaah, tausiyah, takbir bersama warga dengan obor keliling dusun, sholat Ied berjamaah, khutbah, penyembelihan hewan qurban berupa satu ekor sapi, serta pendistribusian daging qurban. Jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan Safari Qurban ini berjumlah 35 orang, terdiri dari siswa-siswa yang telah terlatih dalam dalam kegiatan rohani islam, osis, serta guru-guru pendamping kegiatan. Susunan rangkaian kegiatan yang sedemikian rupa membuat warga dusun tampak sangat bergembira dengan adanya kegiatan Safari Qurban  di dusunnya. Kepala Dusun Surabaya, Irfan, menyatakan dengan senang hati menyambut niat dan kedatangan rombongan Safari Qurban MAN 1 Singkawang, bahkan sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan Safari Qurban di dusun Surabaya.
Dengan adanya kegiatan Safari Qurban ini diharapkan agar seluruh siswa MAN 1 Singkawang dapat merasakan makna berqurban. Dengan infaq sebesar Rp. 30.000,- yang mereka kumpulkan di sekolah, diharapkan agar mereka dapat merasakan betapa besar arti berbagi dengan sesama muslim. MAN 1 Singkawang juga berharap dengan adanya kegiatan ini, seluruh orang tua siswa dapat mengerti akan pembelajaran agama dan penanaman nilai-nilai teladan nabi Ibrohim as pada putra-putrinya. Semoga pelaksanaan kegiatan Safari Qurban MAN 1 Singkawang dapat terus berjalan setiap tahunnya. (RH/MAN 1 Skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts