Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Selasa, 13 Agustus 2019

Qurban: Transformasi Nilai Agama ke Aksi Nyata

0 comments

SINGKAWANG. Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1440 H Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Singkawang menyelenggarakan pemotongan hewan qurban, Selasa (13/8) di halaman madrasah. Tahun ini hewan kurban yang disembelih berupa 2 ekor sapi. Penyembelihan ini dihadiri oleh kepala MTs Negeri, Ajat Sudrajat, S.Ag dan segenap dewan guru yang juga merupakan para pekurban dari kegiatan kurban ini.

Ajat Sudrajat menyampaikan bahwa penyembelihan hewan qurban merupakan peringatan Idul Adha 1440 H sebagai wujud ketaatan pada perintah-Nya, meneladani RasulNya serta memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail’alaihimassalam. Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukan ketakwaaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah sang pencipta. “Atas dasar spirit itu, peringatan Idul Adha dan ibadah qurban memiliki tiga makna penting sekaligus yaitu pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah Sang Khalik, kedua, makna sosial dimana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki akan tetapi tidak menunaikan perintah qurban, dan ketiga makna kesejahteraan pequrban dapat berbagi kepada umat muslim yang membutuhkan.” ujarnya. (DH/hms)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts