Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Kamis, 03 September 2020

Ritual Ulambana

0 comments


Singkawang. Pokjaluh Buddha, Candra Bun Tantono, Phang Tek Bong, Djau Nyit Mung dan Luis menghadiri ritual Ulambana di masing-masing tempat ibadah, Rabu (2/9) atau Imlek 15/7/2571. Candra Bun Tantono dan Phang Tek Bong melaksanakan ritual di Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pasar Turi dan Djau Nyit Mung dan Luis melaksanakan di Pekong Dewa Bumi  Pasir Panjang pada pukul 14.00 s.d selesai.
Acara ini dilaksanakan dimasing masing halaman tempat ibadah, acara ini di awali dengan sembahyang  puja sebagai penghormatan terhadap leluhur dan thian. Dan dilanjutkan dengan persembahan makanan vege. Karna Hyang Buddha bersabda, “Putra-putri yang berbudi, Apabila terdapat Bhiksu, Bhiksuni, para raja, pangeran, pejabat-pejabat kerajaan, serta para rakyat jelata yang berada di masa sekarang atau di masa mendatang berhasrat ingin melaksanakan bakti, membalas budi kepada orangtuanya; mereka boleh menyediakan berbagai macam makanan serta sajian lain pada Penanggalan Lunar tanggal 15 bulan 7 (Hari Pravarana Sangha), dan mengadakan upacara Ulambana dengan maksud berdana makanan kepada para suci yang datang dari 10 penjuru, sehingga ayah-bunda mereka yang masih hidup mendapat umur panjang dan senantiasa menikmati hidup yang sejahtera. Sedangkan orangtua mereka yang telah meninggal beserta ayah-bunda dalam 7 turunan dari masa yang lampau itu dapat keluar dari Alam Setan Kelaparan atau Alam Samsara lain, dan mereka dapat dilahirkan di Alam Manusia atau di Alam Dewa, agar mereka dapat berbahagia selama-lamanya.” (petikan terjemahan *Sutra Ulambana* yang akan dibaca nanti malam). Setelah acara persembahan selesai di lakuhkan pembakaran prahu miniatur berisikan Shin Thin dan prabotan sebagai simbol penghormatan kepada para leluhur yang akan dilaksanakan pukul 18.00 s.d selesai.(Tri/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts