Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Senin, 05 November 2018

Manasik Haji Santri PAUD, TKA/RA dan TPQ se-Kota Singkawang

0 comments

SINGKAWANG. Sebanyak 1001 Santri dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak Al Qur’an (TKA)/Raudhatul Athfal (RA) dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) mengikuti kegiatan Manasik Haji se-Kota Singkawang yang diselenggarakan di Lapangan Sepakbola Tarakan, Jalan Pemuda Kelurahan Sekip Lama Singkawang pada Minggu (4/11).

Kegiatan manasik haji santri PAUD, TKA/RA dan TPQ se-kota Singkawang ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Singkawang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si. Pada kesempatan itu turut hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Ketua PHBI Kota Singkawang, Ketua BAZNAS Kota Singkawang, ICMI, DMI serta Kepala PAUD, TKA/RA dan TPQ se-Kota Singkawang.

Laporan panitia kegiatan yang disampaikan oleh Hanisah, S.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ialah sebagai bentuk pembinaan dan pemberian pemahaman sejak dini bagi santri tentang kegiatan Ibadah Haji. Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Cerdas, Mandiri, Berakhlak Mulia dan Bermartabat Menuju Singkawang Hebat”, panitia berharap para santri dapat mengenal dan memiliki sense of high belonging atau kecendrungan yang tinggi terhadap ajaran agama Islam.

Sementara itu, Wakil Walikota Singkawang saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BKPRMI Kota Singkawang yang menggagas kegiatan Manasik Haji ini. Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan momentum yang luar biasa bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan kegamaaan bagi anak-anak sejak usia dini. "Kegiatan ini memperkenalkan kepada anak usia dini bagaimana materi, praktek dan tata tertib manasik haji." ucapnya.

Irwan berharap melalui kegiatan yang sangat positif seperti ini dapat menjadikan anak-anak para santri di Kota Singkawang menjadi generasi yang cerdas, sehat dan tentunya berahlak mulia yang nantinya dapat membangun bangsa dan negeri ini menjadi negeri maju dan sejahtera. Untuk itu ia menghimbau kegiatan seperti ini tetap berlanjut untuk jenjang yang lebih tinggi. "Kedepan, kegiatan manasik haji ini bukan hanya untuk anak-anak TK saja, tetapi dapat dilanjutkan di tingkat SD, SMP dan SMA sederajat," harapnya.

Senada dengan Wakil Walikota, Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Nahruji, M.Si juga mengapresiasi kegiatan manasik haji untuk anak PAUD, TKA/RA dan TPQ ini. “Ini adalah kegiatan yang sangat positif sebagai pendidikan membangun karakter yang baik bagi anak-anak para santri.” ujarnya. Ia berharap kegiatan manasik haji ini dapat berjalan tertib dan lancar sehingga melalui kegiatan ini, para santri dapat mengetahui dan memahami nilai-nilai keagamaan dari sejak dini dan melahirkan para santri yang cerdas dan berakhlak mulia.(Jk/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts