Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Senin, 02 September 2019

Pawai Akbar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H

0 comments

SINGKAWANG. Minggu (1/9), Ribuan masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya memadati halaman Majsid Raya Singkawang untuk mengikuti serta menyaksikan kegiatan Pawai Akbar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H yang jatuh bertepatan dengan tanggal 1 September 2019.
Kegiatan Pawai Akbar menyambut pergantian tahun dari tahun 1440 H ke 1441 H ini diprakarsai oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang. Selain sebagai agenda rutin, ketua PHBI Kota Singkawang, H. Ruslan Karim menyampaikan bahwa kegiatan pawai akbar ini merupakan kegiatan syiar agama dakwah bil hal serta untuk mempererat hubungan tali silaturahmi masyarakat muslim di Kota Singkawang. Adapun peserta pawai adalah seluruh masyarakat muslim Kota Singkawang yang tergolong dalam ormas-ormas Islam, Pengurus Masjid, Majlis Taklim, Lembaga Pendidikan dan Instansi Pemerintahan yang ada di Kota Singkawang.
Sementara itu, Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si dalam sambutannya sekaligus melepas peserta pawai menyampaikan selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H kepada seluruh umat muslim Kota Singkawang. Ia mengungkapkan kegiatan pawai yang dilakukan merupakan implementasi dari kegiatan hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah dari Mekkah ke Madinah. Untuk itu ia berharap masyarakat Kota Singkawang dapat memaknai hijrah dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan introfeksi diri dengan meningkatkan keimanan dan kualitas diri sehingga menjadi insan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Demikian pula dalam kehidupan bermasyarakat, ia menghimbau untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan bersama-sama menjaga kerukunan untuk mewujudkan Kota Singkawang yang aman, nyaman, maju dan sejahtera menuju Singkawang Hebat.
Iringan peserta pawai dimulai dengan dikibarkannya bendera oleh Wakil Walikota Singkawang. Peserta pawai pun mulai bergerak menuju rute yang telah ditentukan. Mereka akan mulai dari Masjid Raya Kota Singkawang menuju Jl. Merdeka, Jl. Budi Utomo, Jl. Kurau, Jl. Setia Budi, Jl. Niaga, Jl. Sejahtera, Jl. Diponegoro dan finish kembali di Masjid Raya Singkawang. Pawai berlangsung semarak dengan iringan marching band dan lantunan sholawat dari peserta pawai.(DH/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts