Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Kamis, 28 November 2019

Pembinaan TPQ Kecamatan Singkawang Utara

0 comments

 
SINGKAWANG. KUA Singkawang Utara bekerjasama dengan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Singkawang Utara dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Singkawang Utara menyelenggarakan kegiatan pembinaan TPQ se-Kecamatan Singkawang Utara. Kegiatan dilaksanakan di Balai Nikah KUA Singkawang Utara Jalan Ratu Sepudak, Sungai Garam Hilir, Rabu (27/11). Peserta kegiatan tersebut adalah Guru-guru dari 17 TPQ di wilyah Kecamatan Singkawang Utara (setiap TPQ mengirimkan 2 orang guru) dengan Narasumber yaitu Bapak Marsudi, SHI (Penyuluh Fungsional pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.
Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala KUA Kecamatan Singkawang Utara, H. Beny Arifin, S.Ag. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pokok yaitu Metode Pengajaran Al Qur’an dengan Metode Iqro’ yang diselingi dengan beberapa permainan dan lagu-lagu Islami oleh narasumber, Marsudi, SHI. Menurut H. Ida Ruswana, S.Ag, Penyuluh Fungsional KUA Singkawang Utara, kegiatan pembinaan guru TPQ sudah beberapa kali dilaksanakan, baik di tingkat Kota Singkawang maupun di tingkat kecamatan. Namun pembinaan kompetensi guru TPQ perlu terus-menerus dilakukan guna meningkatkan kualitas TPQ. Apalagi untuk Kecamatan Singkawang Utara kegiatan serupa belum pernah diadakan lagi dalam 2 tahun terakhir, padahal beberapa TPQ telah mengalami pergantian guru. Bagi guru-guru senior sekalipun, training seperti ini penting sebagai penyegaran dan pengayaan.
Metode Iqro’ paling umum digunakan secara nasional karena dianggap paling efektif. Dalam pelaksanaan pengajaran Al Qur’an Metode Iqro’, selain menguasai ilmu tajwid, guru TPQ juga perlu memahami perkembangan peserta didik/psikologi peserta didik/siswa TPQ agar pembelajaran menjadi efektif. Salah satunya, siswa belajar lebih efektif jika suasana pembelajaran terasa menyenangkan. Oleh karena, guru TPQ perlu terus menggali cara-cara membuat pelajaran menjadi lebih menyenangkan, di antaranya dengan mempelajari lagu-lagu Islami, yel-yel, dan permainan-permainan yang dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembinaan ini adalah sarana bagi para guru TPQ untuk saling berbagi pengalaman mengajar TPQ, termasuk lagu-lagu, yel-yel, dan permainan yang pernah dipelajari dan sudah pernah dilaksanakan di kelas. Jadi, bukan hanya sepihak pemateri berbagi ilmu, tetapi semua peserta saling berbagi ilmu.(Liana/KUA)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts