Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Senin, 30 April 2018

FKUB Kota Medan Kunjungi Kota Singkawang

0 comments
SINGKAWANG. Pemerintah Kota Singkawang pada hari Jum’at, 27 April 2018 menerima kunjungan kerja dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan. Kedatangan rombongan FKUB Kota Medan ini diterima oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, SE Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, FKUB Kota Singkawang dan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kantor Walikota Singkawang.

Walikota Singkawang menyampaikan ucapan selamat datang saat menyambut kedatangan rombongan para pemuka agama dari Kota Medan ini. Ia berharap, kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahim kedua kota yaitu FKUB Kota Singkawang dan FKUB Kota Medan. Pada kesempatan yang sama Walikota Singkawang juga menjelaskan mengenai berbagai kondisi Kota Singkawang. Dengan luas wilayah 504 km² dan dengan keberagaman penduduknya baik suku maupun agama yang ada di kalangan masyarakat Kota Singkawang, beberapa kali terjadi konflik dan berpotensi untuk digiring ke arah isu SARA. Namun konflik selalu dapat segera diselesaikan dengan mengandalkan kearifan lokal dan melibatkan pihak-pihak lain termasuk FKUB dan tokoh masyarakat sehingga tidak berlarut-larut atau bahkan kian melebar.

Sementara itu Ketua FKUB Kota Singkawang Baharuddin, SH menyampaikan bahwa kunjungan kerja yang dilakukan FKUB Kota Medan ini dimaksudkan untuk melihat secara dekat kehidupan beragama dan kerukunan umat beragama yang ada di Kota Singkawang yang beberapa tahun belakangan ini memperoleh predikat top range kota toleransi terbaik bersama Kota Manado, Pematang Siantar dan Salatiga tingkat nasional berdasarkan hasil penelitian Indeks Kota Toleran oleh Lembaga Setara Institute.

Kembali disampaikan Baharuddin, rombongan FKUB Kota Medan yang berkunjung sebanyak 30 orang yang terdiri dari pengurus FKUB, Kantor Kemenag Provinsi Sumatera Utara, Kepala Kemenag Kota Medan dan Pemkot Medan. “Dalam kunjungan ini juga akan dilakukan study komperatif karena Kota Singkawang dan Kota Medan sama-sama memiliki suku, budaya dan etnis yang multikultural.” ujar Baharuddin.

“Melalui kunjungan ini, FKUB Kota Singkawang dan FKUB Kota Medan dapat saling bertukar informasi terkait kebijakan pemerintah, program kerja dan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam upaya menjaga dan melestarikan kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan masyarakat dengan berbagai ragam agama dan budaya yang ada.” pungkasnya.(Jk/Skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts