Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Senin, 07 Oktober 2019

Upacara Api Homa Tolak Bala

0 comments


SINGKAWANG. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Seksi Bimas Buddha, Warsito, S.Ag ikut menghadiri kegiatan upacara Api Homa Tolak Bala. Turut hadir dalam kegiatan tersebut umat Vihara Tri Ratna, umat Tantrayana Zhen Fo Zhong se Kalimantan Barat dan segenap panitia.
Upacara api homa tolak bala, pemberkatan dan penyebarab bodhisatva bertujuan untuk membuat dan memberikan pemahaman untuk banyak melakuhkan kebijakan dalam bentuk apapun yang di landasi debgan hati yang tulus akan membawa kepada perubahan kehidupan kita sendiri. Acara Shi Lian Yuan juga berpesan dalam Dhammadesananya agar selalu bersikap baik dan menghindari Lobha, yaitu jangan bersikap tamak dak serakah dalam bentuk apapun karena manusia hidup hanya membawa titipan karma (perbuatan), Dosa yaitu jangan melakuhkan kebencian karena kebencian pada dasarnya adalah menambah sakit pada hatinya dan membuat penderitaan pada dirinya sendiri ( dengan kata lain akan membuat racun pada dirinya sendiri dan menimbulkan penyakit), Moha yaitu kebodohan batin akan memutupi perbuatan baik kita sehingga kebodohan akan mencelakai dirinya sendiri, dan Iri Hati  yang merupakan racun yang akan membuat miskin dan menjadikan penyakit pada diri setiap mahkluk.
Adapun kesimpulan dalam acara ini adalah banyak melakuhkan dana (berdana/memberi) karena memberi akan mengurangi 4 beban yang ada dalam diri setiap manusia. Inilah yang perlu dikikis dalam diri setiap manusia dan menumbuhkan sikap memberi (berdana).(Tri/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts