Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Jumat, 07 Agustus 2020

In House Training Penyusunan Konten E-Learning MA YASTI Singkawang

0 comments


Singkawang. Pembelajaran hibrida antara pembelajaran dengan moda dalam jaringan (daring) yang dikombinasikan dengan pembelajaran tatap muka diprediksi akan semakin mewarnai dunia pendidikan di Era Revolusi 4.0 yang sudah dimulai beberapa tahun terakhir ini. Untuk mengantisipasi perkembangan ini, Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan inovasi berupa pengembangan e-Learning Madrasah sebagai sebagai sarana belajar online bagi siswa-siswi madrasah di seluruh Indonesia. Inovasi ini mulai dipergunakan pada awal tahun 2020 dan menjadi fasilitas yang sangat penting di masa darurat pandemi covid-19 di mana online learning menjadi alternatif utama penyelenggaran pembelajaran.
Kepala MA YASTI Singkawang, Madri, S.Pd.I menyampaikan bahwa untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring dengan fasilitas e-Learning Madrasah, Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang telah melakukan fasilitasi berupa penyediaan server dan bimbingan teknis bagi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Operator Sekolah beberapa waktu lalu. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, MA YASTI mengadakan In House Training (IHT) Penyusunan Konten e-Learning seluruh guru. Kegiatan IHT tersebut dilaksanakan pada Kamis s.d. Sabtu, 6 s.d. 8 Agustus 2020 di MA YASTI di Komplek Pondok Pesantren MA YASTI Jl. RA Kartini Gg. YASTI Sekip Lama, Singkawang Tengah yang diikuti oleh seluruh guru MA YASTI yang berjumlah 30 orang. Melalui kegiatan ini, diharapkan pembelajaran daring dengan fasilitas e-Learning Madrasah dapat terselenggara dengan baik.
Dalam sambutannya, Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang diwakili oleh Liana Aisyah, S.Si., MA menyatakan sangat mengapresiasi inisiatif Kepala MA YASTI untuk segera menindaklanjuti Bimtek di tingkat Kemenag Kota Singkawang dengan In House Training untuk semua guru MA YASTI. “E-Learning Madrasah merupakan fasilitas yang sangat memudahkan insan madrasah dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Selain gratis, e-learning madrasah memfasilitasi seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Selain itu fasilitas ini juga memungkinkan supervisi oleh Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah dilakukan secara terus-menerus secara daring.” ujarnya sekaligus membuka kegiatan IHT secara resmi.
Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Pengawas MA Kantor Kemenag Kota Singkawang, Dr. Sugianto Adi Saputra, M.Ag dengan materi Pengantar Teoritis dan Kebijakan terkait e-Learning di Madrasah. Menurut Sugianto, perubahan adalah keniscayaan. Penggunaan e-learning dan TI secara umum adalah bagian dari perkembangan jaman. “Mungkin di awal-awal pelaksanaan, sebagian Bapak/Ibu guru akan mengalami beberapa kendala karena belum terbiasa. Namun jika sudah terbiasa, insya Allah fasilitas ini sesuai janjinya nyaman digunakan dan memudahkan kita semua.” katanya.(DH/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts