Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Jumat, 07 Agustus 2020

Pergantian Pengurus Komite Sekolah

0 comments

Singkawang. Penyuluh Kristen Kankemenag Kota Singkawang, Paulus Abet, S.Th menghadiri kegiatan pergantian pengurus Komite Sekolah di SDN 54 Singkawang Selatan, Rabu (5/8). Pada pengurus Komite Sekolah di SDN 54 Singkawang Selatan ini, Paulus Abet selaku pengurus lama dalam bidang pendidikan. Kegiatan pergantian pengurus Komite Sekolah ini dihadiri oleh 26 peserta selaku pengurus aktif dan dewan guru. Acara dimulai jam 08.30 - 09.50 dipimpin oleh Kepala SDN 54 Singkawang Selatan, Hj. Nurrahmah, S.Pd.SD dan Ketua Komite. Setelah pengurus baru terbentuk langsung dikukuhkan oleh Kepala SDN 54 Singkawang Selatan.
Komite Sekolah merupakan suatu organisasi masyarakat sekolah yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas sekolah. Komite sekolah yang dibentuk dapat dikembangkan secara khas dan berakar dari budaya, demografis, ekologi, nilai kesepakatan, serta kepercayaan yang dibangun sesuai dengan potensi masyarakat setempat. Oleh karena itu, komite sekolah yang dibangun harus merupakan pengembangan kekayaan filosofis masyarakat secara kolektif. Artinya, komite sekolah mengembangkan konsep yang berorientasi kepada pengguna (client model), berbagai kewenangan (power sharing and advocacy model), dan kemitraan (partnership model) yang difokuskan pada peningkatan mutu pelayanan pendidikan.
Komite sekolah di suatu sekolah tetap eksis, namun fungsi, tugas, maupun tanggung jawabnya disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Peran komite sekolah bukan hanya sebatas pada mobilisasi sumbangan, dan mengawasi pelaksanaan pendidikan esensi dari partisipasi komite sekolah adalah meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan perencanaan sekolah yang dapat merubah pola pikir, keterampilan, dan distribusi kewenangan atas individual dan masyarakat yang dapat memperluas kapasitas manusia meningkatkan taraf hidup dalam system manajemen pemberdayaan sekolah.(Ras/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts