Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Selasa, 25 Agustus 2020

Kasubbag TU Hadiri Doa Bersama dan Tausyah Muharram 1442 H di Makodim 1202 Singkawang

0 comments

 
Singkawang. Peringatan 1 Muharram merupakan Tahun Baru Hijriah, mengandung peristiwa bersejarah umat Islam yang selalu diperingati setiap tahun sebagai hari besar permulaan tahun menurut perhitungan kalender Islam. Adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur diberlakukannya peringatan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasulullah Muhammad SAW ketika melakukan hijrah dari Kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.
Demikian tausiyah Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Azhari, S.Ag, M.Si yang pada kesempatan ini mewakili Kepala Kankemenag Kota Singkawang ketika menghadiri kegiatan Doa Bersama dan Tausiyah dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1442 H di Makodim 1202 Singkawang, Senin (24/8). Hadir pada kesempatan ini Dandim 1202 Singkawang berserta staf.
Azhari melanjutkan bahwa proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, diantaranya ialah setiap insan atau manusia di masa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat-sifat buruk menuju perbaikan kebaikan. “Sehingga peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir batin bagi orang-orang yang berakal, tidak hanya sekadar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat,” terangnya.(DH/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts