Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Kamis, 23 Juli 2020

Bimbingan Tahsin Al-Qur’an KUA Singkawang Timur

0 comments


Singkawang. Sebagai Muballigh dan Muballighah, penyuluh harus punya bekal yang memadai tentang ilmu agama, salah satunya adalah Fashih membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan kemampuan fasih mmbaca Al-Qur’an tersebut, maka diselenggarakanlah kegiatan Perdana Bimbingan Tahsin Al-Qur’an KUA Singkawang Timur, Rabu (22/7). Kegiatan yang dilaksanakan di KUA Kec. Singkawang Timur tersebut dihadiri oleh Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam PNS dan Non-PNS Singkawang Timur.
Menurut koordinator kegiatan, Rabuansyah, S.HI bahwa program Tahsin Al-Qur’an (Membaguskan Bacaan Al-Qur’an) sudah lama direncanakan. Alhamdulillah dikepemimpinan kepala KUA yang baru ini baru bisa kita laksanakan. Beliau sangat berharap agar kegiatan Tahsin Al-Qur’an ini bisa istiqomah.
Dalam sambutannya, Kepala KUA Singkawang Timur, Agus Salim, SE.I menyampaikan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Fashih merupakan bekal  yang sangat penting untuk dimiliki seorang seorang penyuluh/muballighah. Karena hampir semua kegiatan  dakwah yang kita lakukan  tidak terlepas dari penyampaian ayat-ayat  Al-Qur’an. Misalnya: Khotib, imam sholat, ceramah, guru TPQ semuanya tidak terlepas dari pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an. Beliau juga berharap selain belajar “makharijul huruf dan tajwid” hal yang sangat penting adalah mentadabburi ayat-ayat yang dibaca sehingga semakin meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah  Subhanahu Wa Ta’ala.
Semua yang hadir bergantian membaca ayat-ayat Al-Qur’an, jika ada yang masih keliru dalam Makharijul Huruf maupun Tajwidnya maka akan dikoreksi dan dijelaskan  bagaimana cara penyebutan yang benar. Kepala KUA juga terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Setelah semua selesai membaca Al-Qur’an, kegiatan ditutup dengan tadabbur satu ayat bagi petugas yang sudah ditunjuk.(hns/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts