Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

Jl. Alianyang No.05 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang 79123 Telp: (0562) 631010
VISI : Terwujudnya Masyarakat Kota Singkawang yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Sejahtera Lahir dan Batin dalam rangka Mewujudkan Kota Singkawang yang Harmonis, Mandiri dan Berkepribadian
 

Kamis, 23 Juli 2020

Pelatihan Fardhu Kifayah Kelurahan Setapuk Besar

0 comments

Singkawang. Dalam rangka memberikan pemahaman yang kadang-kadang masih ada keraguan di lapangan serta menambah khazanah keilmuan para petugas fardhu kifayah serta memberikan pengalaman praktis kepada petugas baru atau pemula berkaitan dengan tata cara pelaksanaan fardhu kifayah yang benar, Kelurahan Setapuk Besar bekerjasama dengan KUA Kecamatan Singkawang Utara menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah, Kamis (23/7). Kegiatan dilaksanakan di aula Kantor Lurah Setapuk Besar Kecamatan Singkawang Utara sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan. Hadir dalam kegiatan ini, Plt. Camat Singkawang Utara, H. Ir. Iriani, KUA Kec. Singkawang Utara, H. Beny Arifin, S.Ag, dan Lurah Setapuk Besar, Patria Jaya Atmaja, S.STP.
Adapun yang menjadi peserta kegiatan adalah Petugas Fardhu kifayah yang lama dan juga yang baru atau pemula sebagai cikal bakal penerus generasi tua dibawah bimbingan Kepala KUA Kec. Singkawang Utara dan Penyuluh Non PNS, Jamaludin.
Dalam sambutannya, Iriani mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bagus sekali dan rutin diadakan secara bergantian oleh Kelurahan lain. Hal ini dibenarkan oleh Patria Jaya Atmaja yang sangat mendukung kegiatan tersebut dengan menggunakan dana desa atau kelurahan yang ada.
Seluruh petugas fardhu kifayah baik yang lama maupun yang baru mendapatkan pengarahan materi dan teknis penyelenggaraan jenazah dari awal hingga akhir kemudian melaksanakan rangkaian rukun penyelenggaraan jenazah yaitu memandikan, mengafankan, menyolatkan dan menguburkan sesuai dengan syari’at yang disampaikan oleh pembimbing. Namun dalam pelatihan ini yang diutamakan adalah memandikan dan mengkafankan jenazah, tanpa mengabaikan rukun yang lainnya. Dikarenakan khusus untuk menguburkan ada petugas sendiri, namun tetap kita pelajari.(Dina/skw)

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts